Toyota Kijang punya karburator yang lumayan simpel.
Membersihkannya mudah, kok. "Selama tidak ada keluhan cukup dibersihkan
saja," bilang Ade Rahmat, mekanik bengkel OSS di Kebon Jeruk, Jakbar.
Siapkan kunci-kunci 10, 12 dan 14 mm, obeng minus dan carburetor cleaner.
Pertama, tentu copot dulu saringan udara dan rumahnya yang biasa diikat baut 10
dan 12 mm.
Setelah terbuka semua, bersihkan bensin yang ada di
ruang pelampung. Caranya, buka baut setelan angin yang ada di bawah karburator
sebelah kanan pakai obeng minus (Gbr.1). Bensin akan mengucur keluar. Buka saja
sampai copot. Hati-hati jangan sampai hilang.
Lanjutkan membuka baut drain 14 mm penutup spuyer di
bagian depan bodi karburator (Gbr.2). Bensin pun mengucur keluar juga.
Dari lubang ini tampak spuyer-spuyernya. Langsung semprot carburetor cleaner ke
lubang spuyer dan baut setelan angin tadi.
gambar 1 |
gambar 2 |
gambar 3 |
gambar 4 |
Kelar menyemprot, pasang lagi bautnya dan hidupkan
mesin. Setel angin supaya mesin langsam, kira-kira 1,5 putaran. Lalu bekap
karburator pakai tangan beberapa kali (Gbr.3). "Tujuannya mengeluarkan
bensin kotor yang tersisa di dalam karburator," lanjut Ade.
Lanjutkan semprot carburetor cleaner ke dalam
karburator (Gbr.4). Putaran mesin akan turun seperti mau mati. Sebaiknya
naikkan putaran dengan membuka skep gas. Kalau mati, tinggal start lagi.
Setelah kelar membersihkan, setel kembali angin. Tutup
baut setelan dulu sampai mesin mau mati, lalu putar untuk membuka kira-kira 1,5
putaran. Dapatkan feeling terbaik, karena saat dibuka, putaran mesin akan naik.
Sampai suatu saat, putaran mesin akan turun. Hentikan
putaran saat putaran mesin tertinggi dan stabil. Kalau perlu tambahkan
seperempat putaran supaya mudah hidup pada saat dingin. Kelar, deh. Gimana,
sudah siap utak-atik?
sumber: http://www.otomotifnet.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar